Belajar UX: Apa itu Information Architecture (IA) 1

Posted

by

Prolog: Kenapa harus IA?

Saya sengaja memperdalam khazanah pengetahuan saya tentang User Experience (UX) maka saya coba dengan belajar juga tentang Information Architecture atau yang biasa disingkat dengan IA, kenapa? karena sangat beririsan dan saling ketergantungan satu dengan lainnya.
Yuk mari mulai 😁😁

Apa itu Information Architecture?

Menurut web iaistitute.org,

Information architecture is the practice of deciding how to arrange the parts of something to be understandable.

atau dalam bahasa Indonesia-nya, Information Architecture adalah sebuah praktek memutuskan bagaimana menyusun bagian-bagian dari sesuatu untuk membuatnya lebih mudah dimengerti. Atau bisa lihat menurut uxbooth.com

IA is about helping people understand their surroundings and find what they’re looking for, in the real world as well as online.

atau dengan kata lain IA membantu orang memahami lingkungan mereka dan menemukan apa yang mereka cari, di dunia nyata maupun online.

Dengan kata lain, IA adalah penciptaan struktur untuk website, aplikasi, atau proyek lainnya, yang memungkinkan kita untuk memahami di mana kita sebagai pengguna, dan mana informasi yang kita inginkan adalah dalam kaitannya dengan posisi kita.

Hasil output dari IA dalam penciptaan sitemap, hirarki, kategorisasi, navigasi, dan metadata. Ketika seorang Content Strategist mulai memisahkan konten dan membaginya ke dalam kategori, ia melakukan praktek Information Architecture. Ketika seorang desainer membuat sketsa top level menu  untuk membantu user mengerti di mana mereka berada di sebuah situs, ia juga berlatih mengimplementasikan Information Architecture.

sebagai pemanasan dan gambaran awal, mari kita lihat gambar di bawah ini, gambar di bawah ini diperoleh dari link ini

Poster Information Architecture (IA)
Poster IA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Information Architecture (IA) Ada di Sekitar Kita

Information Architecture berada di situs yang kita gunakan, aplikasi dan perangkat lunak yang kita unduh, bahan cetak yang kita temui, dan bahkan tempat-tempat dimana kita menghabiskan waktu.

IA yang baik membantu orang untuk memahami lingkungan mereka dan menemukan apa yang mereka cari – di dunia nyata maupun online. Berlatih IA melibatkan memfasilitasi masyarakat dan organisasi kita bekerja dengan mempertimbangkan struktur dan bahasa mereka secara serius.

IA merupakan dasar bagi UX

Banyak orang ingin tahu bagaimana IA terkait dengan User Experience (UX) desain. UX desainer berlatih IA sehari-hari; keduanya berhubungan erat. Sederhananya, IA merupakan keterampilan penting dalam UX dan disiplin ilmu lainnya, seperti content strategy, technical writing, library science dan Interaction Design (IxD).

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.